Kamis, 04 September 2014

penderita stroke, hanya jadi beban keluarga ?

   

     Stroke, siapa tak kenal Stroke ? Stroke merupakan suatu penyakit yang sering dijumpai di masyarakat modern sekarang ini, karena  penyakit ini tak mengenal usia, status ekonomi, dan status sosial.  


Tapi kita semua berharap semoga kita dan keluarga tak terserang sroke. aamiin..


karena akibat dari penyakit yang satu ini bukan hanya penderitanya yang dihadapkan pada suatu keadaan yang sangat menyiksa, tetapi keluarga maupun orang terdekatnya. Beban yang ditimbulkan dari penderita stroke mencakup beberapa hal, mulai dari segi fisik, emosi maupun finansial dan keuangan.


          lalu... dengan semua beban yang dipikul seorang penderita stroke, yang sangat berat itu, sebagai keluarga, bagaimana cara kita menghadapinya?  apakah kita harus malu atau mungkin malah depresi menghadapinya dan menganggap penderita hanya sebagai beban keluarga ?

tentu jawabannya adalah ' Tidak '. 

Penderita pasca-stroke justru memerlukan perhatian lebih dari orang-orang yang sama dan tidak ada satu pun reaksi yang sama di antara dua orang yang terkena stroke. Oleh karena itu, perawatan/rehabilitasi penderita pasca stroke haruslah per individu dan tidak bisa disamakan antara satu penderita dengan yang lainnya.

Rehabilitasi pasca stroke bertujuan agar penderita dapat hidup mandiri dan produktif kembali. Tingkat rehabilitasi pasca stroke sangat tergantung dari banyak aspek : mulai dari seberapa luas kerusakan di otak, waktu penanganan yang sedini mungkin (golden peroid), profesionalt yang menangani (dokter, fisioterapi, dll), peran serta keluarga dan teman dan yang terpenting adalah niat dan usha dari penderita itu sendiri.

Program rehabilitasi itu sendiri mencakup mulai dari latihan (exercise), modalitas alat, obat-obatan, terapi wicara, dan psikologi. Lingkungan sosial dan aspek psikologi sering dilupakan padahal ini merupakan aspek yang penting. Bahkan interaksi antara pasien dengan keluarga dan profesional (dokter) akan mempercepat proses pemulihan, karena interaksi tersebut akan memberikan dukungan emosional dan motivasi lebih bagi penderita stroke.

dibawah ini ada salah satu komunitas rehabilitasi stroke, tepatna berlokasi di daerah yogyakarta. silahkan disimak videonya... 



1 komentarmu:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno:0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK->BOCORAN TOTO GAIB

Posting Komentar