Rabu, 10 Desember 2014

INILAH PANTAI YANG PALING UNIK di Jawa Timur !

      Beberapa minggu lalu aku dan keluarga jalan2 ke sebuah pantai yang unik banget, namanya pantai Tambaksari. Letaknya di kecamatan Pajarakan, kabupaten Probolinggo. Tepatnya di sebelah utara jalan raya jalur pantura lintas Bali. Lokasinya sangat mudah di jangkau karena ada di jalur ramai, hanya sekitar 1 km dari jalan raya.


Yang bisa jadi tanda paling mencolok adalah bangunan masjid " Masjid Kurung" yang bentuknya setengah bola. Nah, pas disebelah kanan masjid itu ada jalan ke arah utara. Dijamin gak bakalan nyasar kok... kalau masih bingung, bisa nanya ke warga sekitar situ.

Suasana pantai ini terasa sangat berbeda dengan pantai pada umumnya. Pemandangan disini punya khas tersendiri, yaitu perpaduan 3 unsur dari pantai, hutan bakau dan pemandangan banyaknya pohon bakau yang dibiarkan mati. Tapi justru perpaduan pohon2 mati itulah yang membuat daya tarik keunikan dan beda dari pantai2 lain.

Menurut beberapa sumber, pantai ini baru mendapat perhatian lebih dari pemda Probolinggo sejak beberapa tahun terakhir. Pemda sepertinya sudah mulai membenahi beberapa fasilitas menuju pantai ini dan berencana menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata di Probolinggo. Yah, selain wisata andalan Probolinggo yaitu Gunung Bromo dan pantai Bentar yang sudah terkelola dengan baik tentunya.

Selain hamparan pasir dan pohon bakau mati yang unik itu, tak kalah menarik dengan pohon2 bakau yang rindang di kanan kirinya. Kita bisa berteduh atau bermain main di bawahnya.

Ada juga tambak2 disekitar pantai ini yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dan aku juga melihat ada pabrik pengolahan air laut menjadi garam beberapa ratus meter sebelum memasuki area pantai. Pabrik garam itu di kelilingi total pagar dari anyaman bambu, sebagai pelindung dari gangguan dunia luar.

Yang punya hobi mancing mania, ada tempat kolam pancing  menuju lokasi pantai. Kolamnya lumayan besar dan berisi berbagai jenis ikan. Tapi sayang sekali aku gak bertanya ikan apa saja yang ada di kolam itu... dan berapa harga tarifnya. Entar kalian tanya sendiri aja ya...? hehe

Untuk kulimer, yang gak bawa bekal dari rumah, disekitar pantai ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Yang paling khas juga ada makanan Rujak petis terdiri dari sayur dan buah, bisa juga ditambah dengan lontong. Porsi kuliner rujak petis ini lebih dari cukup untuk membuat perut kita jadi kenyang. Asyik dimakan saat kita sudah capek bermain air laut di pantai...

Di Pantai ini, suasananya enak, dan aman juga untuk si kecil.  Pantainya dangkal dan luas dengan ombak yang tak begitu besar. Sepertinya banyak sekali anak2 kecil yang berani ikut main dan berenang ke dalam air laut. Menurut informasi hasil penelitian dunia medis berendam di air laut punya manfaat menyembuhkan beberapa penyakit dan berkhasiat pula untuk kecantikan.

Dan di pantai yang berpasir dengan sedikit lumpur itu banyak sekali kerangnya lho... Para pengunjung tak terkecuali aku dan pasukanku ikut berburu kerang2 dan keong laut itu. Lumayan, pulangnya bisa dimasak jadi lauk gratis dan sedap.... hahaha...

Tuh lihat, si dedek semangat banget mainnya... katanya mau menghalau ombak....!! wkwk...


Gambar diatas diambil dari lokasi hutan bakau dengan view pohon bakau mati. Sedangkan gambar bawah diambil ketika air mulai pasang di lokasi hutan bakau....


Ini ada sedikit video yang sempat aku unggah dari youtube. Hitung2 untuk mengobati sedikit penasaran kalian... Kalau mau puas, ya langsung aja packing barang2 trus meluncur ke TKP.....!



Semoga info ini bermanfaat ya.... Silahkan di share...

WISATA MENARIK LAINNYA :

- Wisata Alam pegunungan Tiris 
- Rafting seru di sungai Tiris ( Songa Adventure )
- Tebing Ranuagung , tempat uji nyali para climbers
- Eksotika Danau Ranuagung, (danau cinta)
- Indahnya Danau Ranu Segaran
- Kebun Teh Tiris Probolinggo yang cantik
- Manfaat berendam di air panas alami