Selasa, 18 Maret 2014

RAFTING SUNGAI TIRIS

RAFTING SUNGAI TIRIS

         Keindahan pesona wisata alam Tiris tidak hanya terletak pada danau- danau nya yang indah dan eksotik. Aliran air sungainyapun memiliki potensi wisata yang kuat. Air sungai Tiris ini bersumber dari pegunungan Argopuro dan gunung Lamongan. Dengan lebar sungai 5-20 m dan kedalaman maximal 3 meter dan potensi airnya masih relatif bersih.

Di aliran sungai Tiris ini ada sebuah Sumber air panas, yang terletak tepatnya di desa Segaran. Tempatnya tidak jauh dari area danau ranu Segaran, hanya sekitar 1 km saja.

Selain sumber air panas, potensi wisata lainnya adalah arung jeram atau rafting. Basecamp rafting ini berada didesa Ranugedang. Di base camp ini kita akan memulai petualangan arung jeram kita dengan dipandu para guide profesional yang biasa disebut 'snipper'. Sebelum berangkat peserta akan dibekali dengan tata cara keselamatan berarung jeram. Ada beberapa istilah yang dipakai, seperti "maju" , "mundur" , "stop" , "kiri / kanan mundur' dll. Dan.... 'yuuuhuuu.....mulailah petualanganmu....!!'


Lihat tuh .... Barisan perahu karet dengan puluhan peserta arung jeram siap mengarungi derasnya arus sungai. Wuiiihh.... asyik kan, seperti barisan semmuuut...!!




Ditempat inilah kamu akan menjajal ketegangan berarung jeram. OLah raga arung jeram ini adalah salah satu jenis olah raga yang memacu adrenalinmu. Apalagi di arung jeram sungai Pekalen ini, bukan hanya sekedar membelah derasnya arus air sungai, tapi kamu akan dirintangi oleh jeram-jeram seru.

Ada sekitar 50 jeram yang masing-masing punya nama unik sesuai karakteristik jeramnya. Diantaranya ada yang disebut jeram Welcome, Batu jenggot, Pandawa, Rajawali, Extravaganza, The Fly Matador, Hiu, Cucak Rowo, Long Rapid. Bahkan ada Jeram Inul, disebut begitu, karena ketika melalui jeram ini setiap peserta harus 'bergoyang seperti goyang Inul'.... hehe...

Tak kalah seru dengan  batu- batu besar dan pusaran air yang kamu lalui, menambah uji nyali untuk menantangnya. 



Selain serunya uji nyali, kamu juga akan disuguhi dengan keindahan alam yang dahsyat. Kamu akan melewati 7 air terjun dan goa kelelawar dengan ribuan kelelawar sebagai penghuninya. Suasana yang begitu indah dan tenang sehingga kita tidak henti2 memuji keindahan ciptaan Tuhan disini.



Dan tentu saja dengan pemandagan tebing- tebing terjal yang ada, kamu juga bisa berhenti disitu untuk mencoba melakukan 'lompat indah' ataupun 'lopat bebas' dari ketinggian 5- 7 meter dari permukaan sungai. Atau mau berfoto ria dengan team ?? Semua serba asyik, dan pastinya... kamu akan selalu ketagihan untuk datang lagi..!!







        Perjalanan rafting ada tiga macam. Untuk rute yang paling panjang, 12 km yaitu di Pekalen atas, 7 km untuk Pekalen tengah. Dan Pekalen bawah sekitar 10 km. Untuk Pekalen atas, tingkat kesulitannya lebih tinggi dari pada Pekalen bawah. Begitu juga dengan lokasi dan Tarif Rafting nyapun berbeda.

       Kini, giliranmua menentukan kapan kamu menyempatkan diri untuk mengisi hari libur dengan berkunjung ke tempat wisata alam Tiris.... waaaaah... rugi kalau dilewatkan  !!

0 komentarmu:

Posting Komentar