Kamis, 20 Maret 2014

Bisnis Plan

 BENGKEL MOTOR

VISI

Memberikan pelayanan terbaik dibidang perbaikan motor yang berorientasi pada kepuasan konsumen.

MISI.

1. Selalu memberikan pelayanan prima dengan menerapkan 4 S ( senyum, salam, sapa, segera ), cepat dan tepat.
2. Menyediakan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau.
3. Memotivasi dan memfasilitasi karyawan agar bekerja maximal.
4. Mencari informasi tentang perkembangan terbaru.



I. Mendirikan Usaha Bengkel Motor ( WHAT ? )

         Usaha bengkel motor ini didirikan karena melihat peluang usaha bengkel motor yang masih sangat dibutuhkan didaerah Tiris. Jenis usaha : servis rutin, servis besar, ganti oli.
Sedangkan rencana usaha yang akan ditambahkan berikutkan adalah : jasa painting, jasa cuci motor, jasa kursus mekanik.

II. Peluang Pasar ( WHY ? )

          Perkembangan ekonomi di daerah Tiris yang membuat kepemilikan sepeda motor semakin meningkat setiap tahun tentunya akan  selalu disertai kebutuhkan perawatan jasa servis dan penggantian spare part.


III. Sejarah Pendirian Bengkel ( WHEN ? )

           Bengkel ini dirintis lagi sejak akhir tahun 2004, setelah sebelumnya mengalami kebakaran yang menghanguskan seluruh aset bengkel yang telah berjalan selama 2 tahun.

IV. Lokasi Bengkel ( WHERE ? )

            Bengkel ini terletak di salah satu jalan utama menuju desa Tiris, kec Tiris, kab Probolinggo. Berada di Simpang Tiga Pasar Lama Tiris, didekat Lapangan Kawula Bhakti Tiris.

V. Target Pasar ( WHO ? )

             Target pasar bengkel ini adalah pemilik sepeda motor di sekitar bengkel diantaranya : 
             1. Penduduk setempat
             2. Pedagang dari baik dari luar daerah maupun lokal
             3. Pelajar dan Pegawai kantor
             4. Pendatang / wisatawan dari luar daerah

VI. Struktur dan Pelaksanaan  Organiasasi bengkel ( HOW )


A. Struktur organisasi :

                                                                           Pimpinan           
I
_______________________________________________________________

Resepsionis   ___>  Mekanik__>  Div. Spare Part  ___> Kepala Mekanik ___> Kasir

Dengan Deskripsi Kerja masing-masing sebagai berikut :

1. Pimpinan Bengkel :
     a. bertanggung jawab atas jalannya usaha bengkel.
     b. kebijakan umum terhadap perusahaan.
     c. perencanaan umum dalam organisasi bengkel.
     d. memperhatikan kebutuhan karyawan
     e. meminta pertanggungjawaban karyawan.

2. Resepsionis :
    a. mendaftar dan mengisi data konsumen.
    b. mengisi Work Order ( WO ) dari konsumen.
    c. menyusun WO sesuai nomor urut.
    d. mempersilahkan konsumen menunggu diruang tunggu.
    e. memberi penjelasan harga, kualitas, dan waktu pengerjaan servis.

3. Kasir :
    a. mengambil WO sesuai no urut.
    b. mengambil motor sesuai no orut.
    c. mengerjakan servis motor sesuai WO.
    d. menyerahkan motor yang sudah diservis kepada kepala mekanik untuk dicek.

4. Divisi Spare part :
    a. mensuplai sparepart sesuai WO kepada mekanik.
    b. membuat laporan keluar masuk sparepart.

5. Kepala Mekanik :
    a. mengecek hasil servis.
    b. menyerahkan WO dan kontak motor pada kasir.

6. Kasir dan administrasi :
    a. membuat nota sesuai dengan WO.
    b. memanggil konsumen untuk menyerahkan nota, kontak dan tagihan.
    c. menerima pembayaran.
    d. mencatat permintaan sparepart yang diminta mekanik.
    e. membuat administrasi dan keuangan bengkel secara berkala.


B. Orientasi pada pelayanan konsumen dengan menekankan cara kerja :

1. Kejujuran
2. Memberi penjelasan yang benar tentang sparepart yang perlu diganti dengan jujur.
3. Menjawab pertanyaan konsumen dengan sabar dan jujur.
4. Memberitahu cara yang benar tentang perawatan motor.
5. Kerjakan dengan cepat dan teliti.
6. Berkan jaminan garansi servis gratis selama beberapa hari jika ada keluhan kerusakan pada masalah yang sama.
7. Jika ada ketidakpuasan, tanyakan mengapa itu terjadi dan segera ditangani.
8. Komplain harus didengar dengan baik, bukan dibantah. 


C. Marketing :

1. Membuat Banner didepan bengkel, ditempat2 strategis
2. Menyebar brosur ditempat keramaian.
3. Memberikan kupon promosi / voucher gratis.
4. Mengadakan servis gratis secara berkala. ( sehari dalam sebulan / 3 hari selama 2 bulan )
5 Memberikan promo- promo menarik.


D. Analisa SWOT

1. Strength.

     a. mengutamakan pelayanan prima, cepat, tepat dan ramah.
     b. termasuk bengkel yang berdiri paling lama didaerah Tiris.
     c. persediaan sparepart dan variasi yang lebih lengkap.
     d. letak lokasi yang berada di pertigaan akses jalan utama di daerah Tiris.

2. Weaknes.

    a. Loksai berada ditempat rawan longsor , masaih mencari tempat yang lebih strategis dan aman.
    b. belum mendapat suplier dengan harga murah.

3. Opportunity.

    Usaha bengkel motor masih sangat menjanjikan, karena kepemilikan dan kebutuhan sepeda motor yang terus meningkat. Peningkatan ini tentu selalu disertai dengan meningkatnya kebutuhan jasa servis dan penggatian sparepart motor.

4. Threat.

    a. Banyaknya kompetitor baru yang bermunculan.
    b. Keterbatasan modal untuk menambah stok sparepart.
    c. Belum menguasai SDM yang handal dan loyal.



Besar harapan kami agar usaha bengkel ini akan terus meningkat dan berkembang pesat.




0 komentarmu:

Posting Komentar