Kamis, 18 September 2014

5 fakta, MENYUSUI itu BERBAHAYA bagi bayi !


Beberapa hari yang lalu aku berkunjung ke rumah teman yang baru melahirkan. Ikut merasakan bagaimana bahagianya temanku ini mendapatkan anggota keluarga baru, apalagi si bayi mungil itu anak pertamanya ! Nah... dari situlah kami ngobrol banyak  tentang ngASI. Yah, biasalah... emak2 yang lebih senior dan jam terbang yang lebih tinggi ini mendapat hujaman ribuan pertanyaan seputar ngASI dari sang junior.... hehehe...



Dan dari obrolan kami itulah, tersimpul beberapa hal membahayakan, yang bisa menimbulkan kecacatan bahkan kematian bayi dari proses menyusui yang harus diwaspadai oleh para ibu2 dan orang2 disekitarnya.

Tapi benarkah menyusui itu berbahaya ?

Kok bisa menyusui itu berbahaya... ? Bukankah ASI, air susu ibu adalah makanan terbaik untuk bayi yang mesti harus diberikan bahkan eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan sampai 2 tahun ? Bukankah tidak ada makanan pengganti yang lebih baik dari ASI, walaupun susu formula kwalitas 'super duper'pun ..??

Ini adalah fakta, jika menyusui itu membahayakan bayi anda. Tapi  sebelumnya anda harus membaca tulisan tulisan ini sampai selesai. Agar tidak ada kesalahan dalam memahaminya.

Fakta - fakta berbahaya ini dialami oleh sebagian ibu2 yang sedang menyusui bayinya. Lebih parahnya lagi, bisa menimbulkan kematian bayi. Oleh karena itu harus tetap waspada, diantaranya adalah :

1. Menyusui dalam kondisi mengantuk.

          Hindarilah kondisi ini ! Jika kita dalam kondisi mengantuk, hal itu sangat membahayakan bayi anda. Bisa - bisa, bayi anda terjatuh dari pangkuan, atau hidungnya tertutup oleh payudara sehingga bayi anda tak bisa bernafas dan menimbulkan cacat, bahkan kematian. Kasus seperti ini banyak terjadi dikalangan masyarakat.

Cara mengatasinya dengan usahakan anda beristirahat yang cukup, dan mengatur waktu sebaik mungkin. Sehingga kondisi seperti ini bisa dihindari. Kalau perlu, mintalah bantuan dari anggota keluarga, kerabat kita atau asisten untuk sementara membantu kta terutama di minggu2 awal persalinan.

2.  Menyusui saat berkeringat.

            Disaat kita berkeringat, sangat berbahaya jika kita menyusui bayi kita. Bisa - bisa cairan keringat kita ikut terminum olehnya. Padahal, keringat itu adalah hasil ekskresi tubuh kita yang merupakan sampah. Apalagi jika keringat itu sudah terkontaminasi dengan udara dalam waktu yang lama. Hhhmmm... pasti bau 'aceeeeem...' !!... hahaha...

Keringat yang tertelan oleh bayi dapat menimbulkan beberapa penyakit infeksi, mulai dari infeksi ringan sampai berat di saluran pernafasan, pencernaan, di kulit, dan lain sebagainya.

Cara mengatasinya dengan selalu menjaga kebersihan diri dengan mandi teratur. Membersihkan payudara sebelum dan sesudah menyusui sang bayi. Atau kalau cuaca yang sedang panas, sediakan kipas angin atau hidupkan AC di ruangan, tapi hati- hati jangan berlebihan agar tidak membuat bayi masuk angin.

3.  Menyusui sambil asyik dengan 'gadget' nya.

           Siapa sih, yang di jaman ini gak kenal sama gadget ? Apalagi emak2 muda yang gaul... Pasti semua gandrung sama barang yang satu ini. Facebook, Tweeter,WhatsApp, dan lain - lain. Atau bahkan suka nonton bioskop gratis di smart phone nya..

Maka, ketika  para emak2 ini menyusui, sebaiknya mulai membatasi diri dengan kegandrungannya pada gadget nya. Apalagi pada saat menyusui. Sangat berbahaya lho... Takutnya, pas asyik dengan gadget saat menyusui anda lupa pada bayi anda yang bisa membahayakan bayi anda. 

4.  Menyusui saat anda mengkonsumsi obat tanpa resep dokter.

         Ada sebagian obat yang berbahaya bagi janin dan bayi yang sedang menyusu pada ibunya. Ini karena berhubungan dengan semua makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan diekskresi dalam air susunya. Tapi bukan berarti jika ibu makan makanan pedas, lalu air susunya ikut berasa pedas lho... hihihi...
Hanyan saja kandungan cap dalam cabelah yang akan masuk dalam air susu, sehinnga membuat  bayi akan mencret jika ibu mengkonsumsi makanan pedas.

Maka, jika sedang menyusui, dan akan minum obat, konsultasikan dahulu dengan dokter. Untuk menghindari hal - hal yang membahayakan bayi anda.

5.  Menyusui saat pikiaran sedang stres, marah. 

      Saat anda sedang stres dan marah, hormon2 dalam tubuh anda akan bekerja tidak normal bahkan akan mengganggu hormon pembuat lactasi atau air susu anda.  Kondisi ini akan berakibat buruk pada bayi anda karena produksi air susu ibu akan berkurang dan bayi akan kehausan yang menyebabkan sang bayi mengalami dehidrasi yang bisa membahayakan dan berakibat fatal bagi perkembangannya.

Maka jagalah selalu kondisi emosi anda, jangan sampai membiarkan stres dan marah yang berkepanjangan melanda anda. Segera selesaikan masalah apapun dengan kepala dingin dengan mencari solusi yang tepat. Atau ajaklah bicara orang2 yang anda percaya untuk membantu menyelesaikan masalah anda tersebut.  

     So... ibu2, hatilah ketika anda menyusui bayi mungil anda. perhatikan baik2 posisi dan kondisi anda dan bayi anda saat menysuinya. Hindarilah hal2 yang membuat bayi anda terancam bahaya yang tidak anda sadari

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat...

Bolehlah anda tambahkan hal2 apalagi yang membuat menyusui jadi berbahaya... ditunggu komennya ya...
Terima kasih kunjungannya...

2 komentarmu:

IASGROUPSFABRICATION mengatakan...

kontraktor Waterboom

Kucing kelinci mengatakan...

Istigfar ibu. . .

Posting Komentar