Selasa, 15 Oktober 2013

Eksotika danau 'Ranuagung'

Ranuagung Nan Eksotik



         Berikutnya, danau vulkanik nan eksotik itu dikenal dengan nama 'Ranuagung'.

 Diantara danau-danau yang ada di Tiris, inilah danau favoritku. Tebing batu granit alami yang mengelilingi danau ini sangat indah, tersusun kokoh seperti diukir. Rimbunnya tanaman yang tumbuh disekitarnya bahkan ada yang merambat di tebing batu granit itu, semakin melengkapi keindahannya.
          Lokasi danau ini berada di desa Ranuagung, kecamatan Tiris, kabupaten Probolinggo. Jarak dari danau Ranu Segaran, kurang lebih 3 km kearah selatan mengikuti jalan raya.
Sesampai di desa Ranuagung, kita langsung menuju arah ke gedung SMPN 1 / SMUN 1 TIRIS. Dari sana kita ikuti saja jalan aspal kecil menuju lokasi danau Ranuangung. Diujung jalan, tepatnya di gedung SDN Ranuagung 3.
Kita bisa memarkirkan kendaraan kita di salah satu rumah penduduk. Mereka tidak memberikan tarif parkir, tapi sebagai imbalan, bolehlah kita memberi sekedar 'dana keamanan'.
          Kita sudah bisa menikmati indahnya pemandangan eksotik danau Ranuagung itu dari halaman gedung SDN Ranuagung 3 tersebut dari atas danau. Namun kita harus berjalan kira- kira 50 m lagi turun ke bawah agar bisa lebih puas menikmati kokohnya 'batu granit bak diukir', dan naik perahu bambu untuk mengarunginya. 
          Mungkin perjalanan yang harus ditempuh sangat panjang dan melelahkan,,,, tapi kala mata ini menagkap apa yang tersuguh didepan mata, serta suasana yang menenagkan... semua kelelahan itu terbayarkan.

4 komentarmu:

Teguh Dwi Prasetyo mengatakan...

Gambar di atas itu beneran kaya gitu view ranu agung nya, apa masih rencana kaya gambar jembatan di postingan sebelumnya bu..??

Mampir juga di blog saya yaa.. Http://alltournative.blogspot.com

Unknown mengatakan...

aslinya kaya diatas, sudah mampir di blognya, bagus,,, semoga usaha travelnya tambah sukses. Barangkali mau nambah rute ke Tiris, monggo..

SD NEGERI RANUAGUNG II mengatakan...

Mantaaappppp... semakin bangga saya jadi orang tiris...

Unknown mengatakan...

terimakasih, mas Rizal,,,,, makin bangga, harus makin bisa memberdayakan nikmat Ilahi ini... semakin sukses ya mas Rizal...

Posting Komentar