Senin, 07 Oktober 2013

WISATA ALAM TIRIS

 Wisata Alam Tiris


          Tiris, adalah sebuah desa dibawah kaki gunung Lamongan, +-60 km arah tenggara dari kota Probolinggo. Terletak di ketinggian 600 m dari permukaan laut, sehinngga hawa di tempat ini sangat sejuk. Banyak wisata alam yang indah ditempat ini yang sangat sayang jika tidak kita jelajahi dan nikmati.

          Jika dari arah Surabaya- Bali, pilih jalur Pantura menuju arah timur. Sesampai di pertigaan pabrik gula Pajarakan, sebuah pabrik peninggalan Belanda yang masih beroperasi sampai sekarang, kita ambil jalur kekanan. Ketika kita memasuki desa Tiris, akan terasa medan jalan yang naik turun. Apalagi ketika menuju lokasi danau danau yang harus dilalui dengan hati-hati karena kondisi jalan yang hanya selebar kendaraan roda 4 dengan aslpal yang mulai sedikit rusak. Tidak hanya itu, kita harus berjalan kaki menuruni jalan setapak dengan kemiringan cukup tajam untuk sampai ketepi danau. 



           Namun semua perjalanan yang membutuhkan pengorbanan itu, akan terhapus dan terbayar ketika kita memandangi panorama memukau didepan mata. Danau- danau vulkanik yang sangat indah dengan airnya yang jernih dan hawa yang sejuk. Sehingga memberikan kenyamanan dan ketenangan tersendiri bagi penikmatnya.

           Dari jalur utara ini, danau pertama yang bisa dikunjungi adalah danau 'Ranu Segaran'. Danau yang berada di desa Segaran ini luasnya sekitar 3 hektar.  Pemerintah daerah sudah ada sedikit perhatian pada danau ini. Dalam bentuk program penebaran benih ikan dan rencana pengembangan pariwisata yang lebih intensif. Sudah ada beberapa fasilitas hiburan untuk para pengujungnya seprti perahu motor dan sepeda air. 

      Dibawah ini gambar pesona danau Segaran.
           
 

Masih ada lagi beberapa danau indah lainnya di tempat ini. Masih ada 5 danau lagi yaitu : Danau 'Ranuagung' dengan hiasan tebing batu granit eksotiknya, danau 'Ranu Betok' dengan hamparan bunga teratai. Danau 'Ranu Merah', dan 'Ranu Burung' di Ranugedang.


 
Selain wisata indah danaunya, di Tiris juga ada wisata kebun teh yang berada dipuncak dengan hawa sejuk dan segar tanpa polusi. Sebuah candi peninggalan situs Majapahit yang disebut candi Kedaton atau candi Dewi Rengganis, yang merupakan warisan sejarah yang harus kita jaga bersama. 


         Serta satu tempat wisata yang mulai dikelola dengan profesional dan sudah banyak wisatawan yang datang baik dari wisatawan lokal dan internasional, yaitu wisata 'Arung Jeram'.



        Sungguh tempat yang indah dan menarik untuk dinikmati. Jadikan Tiris sebagai daftar tempat wisata yang harus anda kunjungi.  Selamat mengunjungi wisata alam Tiris yang masih asri dan penuh tantangan...

0 komentarmu:

Posting Komentar